Multicursor - Working In Background

Welcome

--- Haleluya --- --- Welcome --- --- Huanyíng --- --- Selamat Datang di Blog-nya Pemuda-pemudi dan Remaja Gereja Pentakosta Mandala Medan ---

Jumat, 01 Februari 2013

HARUSKAH KITA MERAYAKAN VALENTINE?


Haleluya ...........

Sudah lama saya tidak menulis. Kangen juga dengan kalian semua. Apa kabar sobat muda dimanapun kamu berada? Saya berharap anda baik-baik saja dan Kasih Tuhan Yesus tetap melimpah dalam kehidupan pribadi anda semua. Amin .............


Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Pebruari di tahun 2013 ini. Orang-orang bilang kalau bulan ini adalah bulan kasih sayang. Kenapa?  Karena di bulan ini sebagian besar manusia di muka bumi ini akan merayakan hari Valentine atau hari kasih sayang. Tentu sobat muda tidak asing lagi dengan perayaan ini. Karena hari Valentine adalah hari yang sangat ditunggu oleh seluruh kaum muda di dunia apalagi mereka yang sedang dimabuk asmara. Hehehehe ........

Sebagian orang banyak menentang tentang hari Valentine ini? Jadi timbul pertanyaan apakah kita sebagai umat tebusan Tuhan Yesus juga ditentang untuk merayakannya? Tentu pertanyaan yang akan menimbulkan pro dan kontra bukan?

Menurut saya tidak ada salahnya merayakan hari Valentine ini. Karena itu merupakan perayaan saja. Tetapi kenapa banyak orang yang menentang perayaan ini? Dari beberapa sumber yang saya baca karena pada perayaan ini banyak anak muda yang menyalahgunakan perayaan ini. Mereka mengadakan pesta pora, seks bebas, dan masih banyak lagi hal-hal menyimpang yang mereka lakukan. Jadi, yang salah itu bukan perayaan Valentinenya melainkan cara manusianya merayakan hari Valentine tersebut. Ada juga yang menyebut karena hari Valentine itu dulunya adalah sebuah perayaan di gereja Katolik Roma untuk mengenang Santo Valentino sehingga menjadi tidak pantas dirayakan oleh agama tertentu.

Apapun alasan mereka menentang perayaan Valentine tidak menjadi masalah buat saya. Lalu apa pendapat Alkitab mengenai hal ini?
Sebagai umat Kristen, Firman Tuhan yang tertulis di Alkitablah yang menjadi pedoman hidup kita dalam menghadapi perkara-perkara di dunia ini dan mendidik kita dalam kebenaran (2 Timotius 3:16). Kita harus hidup sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan supaya kita tidak terjerumus jauh dalam penyesatan dunia ini.

Apa pendapat Alkitab tentang hari Kasih sayang ini? Ada 9 buah ROH KUDUS (Galatia 5:22-23). Tetapi yang terbesar dari semua itu adalah KASIH (1 Korintus 13:13), bahkan 10 perintah Tuhan dibagi menjadi 2 garis besar yaitu Kasih terhadap Tuhan dan Kasih terhadap sesama  (Matius 22:36-40).

Berdasarkan penjabaran di atas jelas dikatakan bahwa kita harus hidup di dalam KASIH. Tetapi tidak hanya dalam 1 hari saja yaitu setiap tanggal 14 Pebruari setiap tahunnya melainkan harus setiap hari. Bahkan kita harus terlebih dahulu mengasihi Tuhan Yesus yang adalah KASIH itu sendiri karena itulah yang pertama dan terutama (Matius 22:38).

Jadi, apa tindakan kita sebagai umat Kristen dalam menyikapi perayaan Valentine ini? Marilah kita lebih mengasihi Tuhan Yesus Kristus dari semua yang ada di dunia ini. Bahkan Tuhan Yesus mengatakan bahwa siapa lebih mengasihi sesamanya (bisa pacar, sahabat, orangtua) lebih daripada Tuhan sendiri dia tidak layak masuk dalam kerajaan Surga (Matius 10:37-38). Hal yang salah dilakukan oleh kaum muda pada perayaan Valentine mereka lebih mengasihi pacarnya dan mengabaikan perintah Tuhan. Kaum muda melakukan seks bebas, mabuk-mabukan, dan masih banyak lagi pelanggaran akan Firman Tuhan yang mereka lakukan. Sehingga hari Kasih sayang yang seharusnya diisi oleh kebenaran Firman Tuhan menjadi alat iblis untuk menjatuhkan manusia ke dalam dosa.

Sekarang terserah sobat muda untuk merayakan atau tidak karena Alkitab tidak melarang anda untuk merayakan Valentine tetapi Alkitab melarang anda untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar Firman Tuhan. Dan saran saya, hendaklah kasih sayang kita melimpah tidak hanya pada hari Valentine saja tetapi lakukan setiap saat dalam kehidupanmu untuk mencurahkan kasih sayangmu bukan saja kepada pacar anda melainkan kepada semua orang terlebih kepada Tuhan Yesus sang Juruselamat dunia.


Penulis: Lisfer Wandi Simangunsong, S.Pd (Ketua PMGPM Medan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar