Multicursor - Working In Background

Welcome

--- Haleluya --- --- Welcome --- --- Huanyíng --- --- Selamat Datang di Blog-nya Pemuda-pemudi dan Remaja Gereja Pentakosta Mandala Medan ---

Sabtu, 23 Februari 2013

PERUMPAMAAN TENTANG TALENTA


Syalom!

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan kita Yesus Kristus atas Kasih karuniaNya yang begitu besar dalam kehidupan kita masing-masing.

Saya tergerak untuk membahas sebuah perumpamaan yang Tuhan Yesus katakan di dalam Matius 25:14-30. Sebuah perumpamaan yang begitu banyak mengandung rahasia Tuhan bagi kehidupan kita dalam mengikut Tuhan sebagai juru selamat pribadi kita. Kiranya Tuhan Yesus memberikan hikmatNYA kepada saya untuk mengungkap rahasia dibalik “perumpamaan tentang talenta” tersebut.

Jika kita simak dengan baik dengan dibantu oleh Roh Kudus maka talenta yang dimaksud di sini yaitu berkat yang Tuhan Yesus berikan kepada kita masing-masing. Ada yang mendapat 5 talenta, ada yang mendapat 2 talenta dan ada pula yang mendapatkan 1 talenta. Ini berarti bahwa setiap manusia diberikan berkat yang berbeda-beda oleh Tuhan Yesus.

Berkat-berkat tersebut bisa saja melalui bakat yang Tuhan berikan bagi kita. Ada yang Tuhan berikan bakat bernyanyi, mengajar, melayani, mencari jiwa dan lainnya. Bisa juga berbicara tentang harta yang Tuhan berikan kepada kita.

Perumpamaan tersebut memerintahkan kita untuk mengembangkan bakat-bakat yang ada pada kita. Seperti bakat menyanyi, marilah kita terlebih dahulu menyumbangkan bakat menyanyi kita untuk memimpin puji-pujian di gereja. Dengan kata lain marilah kita gunakan berkat-berkat yang Tuhan berikan untuk memperluas kerajaan Surga di muka bumi ini. Tuhan inginkan supaya kita masing-masing menghasilkan buah dari talenta kita itu. Seperti yang Tuhan percayakan padanya 5 talenta maka dia menghasilkan laba 5 talenta juga (Matius 25:16) dan juga yang menerima 2 talenta juga menghasilkan buah 2 talenta juga (Matius 25: 17).

Tuhan Yesus menginginkan kita untuk tetap berbuah. Karena pohon yang tidak berbuah akan dibakar dalam api (Matius 3:10). Artinya manusia yang tidak bisa menghasilkan buah untuk kerajaan Surga sudah mendapatkan 1 buah tiket untuk masuk ke dalam api neraka. Harta yang Tuhan berikan kepada kita juga harus kita gunakan untuk pekerjaan Tuhan. Jangan pelit! Seperti orang yang menerima 1 talenta tersebut, dia malah mengubur talenta itu ke dalam tanah (Matius 25:18). Artinya dia tidak mau berbuah. Dalam kehidupan sekarang itu berbicara manusia yang diberikan harta oleh Tuhan tapi ia tidak mau menyumbangkan hartanya untuk pekerjaan Tuhan. Dia lebih senang menyimpan hartanya di bank atau menghabiskan hartanya untuk berfoya-foya. Sungguh suatu perbuatan yang Tuhan sangat tidak sukai apabila kita melakukan hal tersebut.

Dalam ayat 20-23 dikatakan bahwa yang menghasilkan buah dari talenta yang Tuhan berikan padanya mendapatkan tempat kebahagiaan dengan kata lain Tuhan Yesus menggambarkan di sini bahwa orang-orang yang melakukan firman Tuhan dan menghasilkan buah pasti mendapatkan kebahagiaan tidak saja di dunia ini tapi dia dipastikan masuk ke dalam kerajaan surga.

Sementara pada ayat 30 dikatakan bahwa upah bagi orang yang mengubur talentanya adalah hukuman kekal selama-lamanya di dalam api neraka.

Marilah kita semua mengembangkan bakat kita masing-masing! Jangan pernah berkata aku takut, aku tidak bisa. Karena kata takut akan membuat dirimu tidak bisa untuk berkembang. Garis bawahi kata takut pada ayat 25! Banyak pemuda yang takut melayani Tuhan padahal dia memiliki kemampuan untuk melayani Tuhan. Takut adalah suatu keadaan yang diciptakan oleh iblis untuk menghancurkan kita umat Kristen yang percaya pada Tuhan Yesus. Dengan adanya ketakutan dalam diri kita, maka potensi yang ada di dalam dirimu menjadi terkubur dan tidak bisa keluar. Dengan adanya rasa takut kalau kamu akan kekurangan, maka kamupun tidak jadi memberikan persembahan yang seharusnya menjadi miliknya Tuhan. Dengan adanya ketakutan dalam dirimu, kamu akan menjadi perhitungan untuk pekerjaan Tuhan. Sementara Tuhan sendiri berjanji kepada orang yang rela memberi untuk Tuhan, maka Tuhan akan membalaskannya 30 kali, 60 kali bahkan 100 kali lipat (Matius 13:8). Jadi, kenapa kita harus takut saudaraku?

Tuhan bukanlah Allah yang mau berhutang kepada kita. Kalau kita menabur banyak maka Tuhan akan membayarkan berlipat ganda. Semua jerih payahmu tidak akan sia-sia. Pelayananmu sebagi guru sekolah minggu, sebagai singer di gereja akan mendapat balasan dari Tuhan Yesus. Amin saudara?

Saudara-saudariku yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, marilah kita kembangkan talenta yang Tuhan berikan kepada kita. Karena Tuhan akan mengambil apapun yang kita punyai kalau kita tidak mempersembahkannya dalam pelayanan kepada Tuhan (Matius 25:28-29). Sungguh suatu keadaan yang menyedihkan kalau apa yang kita punya diambil dari kita. Kita punya kepintaran tetapi kalau tidak kita gunakan untuk pekerjaan Tuhan maka Tuhan akan ambil kepintaran itu dari kita. Kita punya suara yang merdu tetapi kita tidak gunakan untuk pekerjaan Tuhan maka Tuhan akan ambil dari kita. Maka, marilah kita masing-masing mempergunakan talenta yang ada pada diri kita untuk menyenangkan hati Tuhan.

Haleluya .................

Penulis: Lisfer Wandi Simangunsong, S.Pd (Ketua PMGPM Medan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar