Multicursor - Working In Background

Welcome

--- Haleluya --- --- Welcome --- --- Huanyíng --- --- Selamat Datang di Blog-nya Pemuda-pemudi dan Remaja Gereja Pentakosta Mandala Medan ---

Kamis, 12 September 2013

PERUMPAMAAN TENTANG PENABUR

Dari kitab Matius 13:19-23, Tuhan Yesus menceritakan arti perumpamaan tentang seorang penabur. Tuhan mengatakan bahwa ada 4 tipe manusia pada saat mendengarkan Firman Tuhan, yaitu:

1.  Manusia yang masa bodoh (Matius 13:19)
Manusia seperti ini tidak mau tahu ketika Firman Tuhan disampaikan pada saat ibadah. Ia datang ke gereja dengan motivasi supaya dilihat orang kalau dia pergi ke gereja. Hal itu dilakukannya hanya sebagai rutinitas setiap hari Minggu. Tidak ada kerinduan untuk bersekutu dengan Tuhan Yesus sehingga ketika Firman disampaikan ia lebih senang berbicara dengan teman di sampingnya. Ia lebih suka untuk ber-smsan dengan temannya daripada mendengarkan khotbah. Sehingga ia tidak mengerti akan kebenaran Firman Tuhan, ia tidak tahu apa keinginan Tuhan dalam hidupnya. Orang seperti ini pulang dari gereja dengan membawa kekosongan sehingga iblis akan sangat mudah untuk menguasai hidupnya. Setiap yang ia lakukan pasti bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan.

2. Manusia yang suam-suam kuku (Matius13:20-21)
Manusia seperti ini adalah manusia yang mendengarkan Firman Tuhan dengan serius di gereja tetapi itu bukan jaminan ia menjadi pelaku Firman Tuhan. Firman ia dengar membuat ia senang dan bahagia tetapi begitu keluar dari pintu gereja ia langsung kembali kepada kejahatannya. Yang suka berbicara kutuk, memaki-maki orang, memfitnah orang dan masih banyak kejahatan yang ia lakukan. Hal tersebut terjadi karena Firman yang ia dengar hanyalah sebagai pemuas pendengarannya saja. Ia hanya mau mendengarkan Firman yang berkata tentang berkat, tetapi ketika Firman menegur hidupnya dengan keras ia akan menggerutu dalam hati, ia akan memaki dalam hati. Karena Roh Kudus tidak ada dalam hidupnya yang membuat Firman itu hidup dan berakar dalam hatinya. Ketika ia dihadapkan kepada pencobaan dunia, ia akan meninggalkan Yesus dan beralih kepada kuasa dunia ini. Ia akan menjual imannya demi kekuasaan, harta dunia ini. Ia tidak akan mempertahankan imannya kepada Tuhan Yesus apabila ia ditindas oleh kekuatan dunia ini. Ia akan menjual imannya untuk menikah kepada orang yang ia cintai. Sungguh bukanlah tipe orang yang mendapatkan tempat di Surga kekal selamanya.

3.  Manusia yang selalu kuatir/tidak percaya akan kuasa Firman Tuhan (Matius 13:22)
Manusia seperti ini selalu memusatkan pikiran dan hatinya hanya kepada dunia ini saja. Ia selalu kuatir akan kebutuhan jasmaninya. Ketika ia mendengarkan khotbah di gereja, ia selalu memikirkan apa yang ia pakai, bagaimana masa depannya nanti. Ia tidak sedikitpun percaya kepada mukjijat Tuhan karena ia selalu menghadapi kesulitan yang sangat dahsyat dalam hidupnya. Ia mulai meragukan kebenaran Firman Tuhan karena masalahnya tidak juga selesai. Ia selalu memikirkan akan hari esoknya sedangkan Tuhan sudah berfirman jangan kuatir akan hari esok (Matius6:34) tetap saja ia tidak percaya akan hal itu. Jadi ia tidak memiliki semangat untuk melakukan Firman yang ia dengarkan. Ia lebih suka mengandalkan kekuatannya sendiri sehingga apa yang ia lakukan selalu gagal karena Tuhan telah mengutuk hidup orang yang mengandalkan kekuatan manusia (Yeremia 17:5)

4. Manusia yang menjadi pelaku Firman Tuhan (Matius 13:23)
Manusia seperti inilah yang dinginkan oleh Tuhan Yesus. Tuhan menginginkan kita seperti Maria yang duduk diam dan penuh perhatian mendengarkan Firman Tuhan (Lukas 10:39). Tuhan memuji pilihan Maria (Lukas 10:42) karena itulah yang Tuhan inginkan. Semua orang pasti ingin dipuji oleh Tuhan. Orang yang seperti ini akan selalu sukses dalam hal apapun karena Ia selalu mengandalkan Tuhan dalam hidupnya (Yeremia 17:7). Ketika ia mendengarkan Firman Tuhan hatinya dengan rela menerima Firman itu kemudian dengan tulus hati melakukan semua Firman yang ia dengar pada saat ibadah. Ia tidak akan bersungut-sungut ketika Firman itu menegur dosa-dosa yang ia lakukan. Sehingga ia bisa berbuah 30 kali, 60 kali bahkan 100 kali lipat. Kesuksesan selalu mengikutinya. Bukan ia yang mencari kesuksesan itu. Semua janji Tuhan digenapi dalam hidupnya.

Saudara dan saudariku, engkau masuk pada tipe yang mana? Tuhan Yesus menyukai tipe yang keempat. Jadilah pelaku-pelaku Firman karena Tuhan Yesus pasti memberkati orang-orang yang seperti ini dan menyediakan sebuah tempat yang indah di Surga kekal.

Haleluya…….
Tuhan Yesus memberkati.


Penulis: Lisfer Wandi Simangunsong, S.Pd (Ketua PMGPM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar