Multicursor - Working In Background

Welcome

--- Haleluya --- --- Welcome --- --- Huanyíng --- --- Selamat Datang di Blog-nya Pemuda-pemudi dan Remaja Gereja Pentakosta Mandala Medan ---

Sabtu, 02 Maret 2013

DOA YANG DIJAWAB OLEH TUHAN YESUS


Syalom sobat muda!!!!!

Apa kabar kalian? Saya berharap kalian semua berada dalam lindungan Allah yang Maha Tinggi. Amin.

Saya telah membahas bahwa kuasa doa sangat luar biasa bagi siapapun yang percaya. Ada sebuah pertanyaan yang sangat menarik untuk kita bahas yaitu: saya sudah berdoa terus menerus, tetapi kenapa doa saya belum terjawab?

Banyak jawaban yang bisa kita berikan kepada mereka yang bertanya seperti itu. Apapun jawaban kita, sebaiknya kita harus kembali ke dasar kita yaitu Firman Tuhan. Karena kebenaran sejati hanyalah Firman Tuhan (2 Timotius 3:16).

Saya akan coba membahas hal tersebut. Bagaimana caranya agar doa kita dijawab oleh Tuhan Yesus Kristus. Kiranya Tuhan Yesuslah yang menyempurnakan pembahasan ini. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum berdoa agar Tuhan Yesus berkenan kepada doa kita, yaitu:

1.  Kita harus hidup kudus
Doa adalah jembatan ataupun jalan kita berkomunikasi dengan Tuhan. Dengan kata lain kita akan bertemu dengan Tuhan melalui doa. Berarti kita akan memasuki ke tempat yang Maha Kudus. Hanya orang-orang yang kuduslah yang layak masuk ke tempat yang Maha Kudus. Bagaimana caranya???
Ada beberapa ayat dalam alkitab yang membahas hal ini. Seperti yang tertulis dalam kitab Markus11:25 “Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.”
Ayat tersebut memerintahkan kita harus hidup kudus. Terlebih dahulu dosa-dosa kita harus diampuni oleh Tuhan Yesus. Juga kita tidak boleh menyimpan dendam terhadap sesama manusia. Selama kita masih membenci seseorang, sekeras apapun dirimu berdoa, maka doamu adalah kekejian bagi Tuhan. (Amsal 28:9 “Siapa memalingkan telinganya untuk tidak mendengarkan hukum, juga doanya adalah kekejian”) ayat tersebut berkata bahwa doa orang yang tidak melakukan perintah Tuhan maka doanya adalah kekejian bagi Tuhan. Jadi, lakukanlah firman Tuhan! Sebelum engkau berdoa, ampunilah orang yang berdosa padamu dan meminta ampun atas dosamu kepada Tuhan. Sama seperti yang doa diajarkan oleh Tuhan Yesus dalam doa Bapa Kami. Matius 6:12 “dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami”. Berarti kekudusan itu adalah sesuatu yang harus kita memiliki sebelum kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar doa kita dijawab. Dalam Kitab Yesaya 59:1-2 “Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.”
Dengan dosa yang masih ada dalam hidup kita membuat kita tidak layak meminta kepada Tuhan Yesus.
Jadi, sudah jelas sebelum engkau meminta kepada Tuhan Yesus dalam doa, terlebih dahulu engkau harus memohon ampun atas semua dosa yang engkau lakukan agar engkau kudus dan layak di hadapan Tuhan.

2.  Sembahlah Tuhan Yesus dalam Roh dan Kebenaran
Tuhan Yesus adalah Allah yang menyenangi penyembahan. Maka sebelum engkau memasuki topik doamu maka terlebih dahulu senangkan hati Tuhan. Sembah Dia Yang Maha Tinggi dalam Roh dan Kebenaran (Yohanes 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.)
Dengan dasar inilah banyak orang yang berdoa dalam Roh dan Kebenaran. Mereka berkata-kata dalam bahasa Roh yang berasal dari Roh Kudus.
Yohanes 4:24 juga berkata: “Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”
Ayat tersebut juga menegaskan kalau kita ingin berkomunikasi dengan Tuhan yang adalah ROH, kita harus berdoa dalam Roh dan kebenaran. Maka jangan takut untuk menyembah Tuhan dalam Roh dan Kebenaran, karena itulah yang Tuhan senangi. Kalau Tuhan Yesus sudah menyukai doa kita, pasti apapun yang kamu minta kepadanya di dalam Roh dan Kebenaran pasti kamu mendapatkannya.

3.  Harus fokus terhadap topik doa
Kitab Matius 6:7 berkata: “Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan”. Dengan tegas Tuhan berkata supaya kita berdoa yang fokus terhadap topik doa kita. Bukan berarti kita berdoa harus cepat selesai. Kita bisa berdoa lama, tetapi jangan bertele-tele. Terkadang kita berdoa tidak tepat sasaran. Misalkan kita ingin mendoakan orang yang sakit tetapi kita meminta kepada Tuhan supaya diberikan uang yang banyak, kemudian kalau sudah sehat diberikan rejeki yang berlimpah. Tuhan mau kita tetap fokus terhadap doa tersebut yaitu kita meminta hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan orang yang kita doakan.

4. Mintalah sesuatu yang tidak bertentangan dengan Firman Tuhan
Mintalah kepada Tuhan hal-hal yang tidak bertentangan dengan firman Tuhan. Bagaimana kita tahu kalau yang kita minta tidak bertentangan dengan firman Tuhan? Hanya dengan rajin membaca Firman Tuhan. Orang-orang yang senang membaca Firman Tuhan yang akan diberkati oleh Tuhan.

5.  Hiduplah bergaul dengan Tuhan
Bergaul dengan Tuhan Yesus itu penting. Banyak orang yang tahunya hanya meminta kepada Tuhan tetapi hidupnya jauh dari Tuhan. Dalam doa ia sudah meminta ampunan tetapi setelah selesai berdoa ia kembali kepada kehidupannya yang jauh dari Tuhan. Doa orang yang seperti ini tidak akan pernah dijawab oleh Tuhan. Sama seperti manusia. Apakah ada diantara saudara yang mau mengabulkan permintaan orang yang saudara tidak kenal. Tentu tidak bukan? Demikian juga dengan Tuhan. Walaupun kita adalah umat ciptaanNYA akan tetapi hanya orang-orang yang memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan saja yang memiliki prioritas utama di dalam pengabulan doa. Dengan adanya hubungan yang baik kepada Tuhan maka kita akan memiliki pengenalan kepada Tuhan supaya kita digembalakan dengan baik. (Yohanes 10:14). Kalau kita sudah kenal dengan baik kepada Tuhan dan demikian juga sebaliknya maka doa kita pasti akan terjawab.

6.  Biarlah kehendak Tuhan yang jadi
Janganlah doamu adalah doa yang memaksa Tuhan. Tetapi dalam doamu hendaklah kamu berkata biarlah kehendak Tuhan saja yang jadi bukan kehendak kita. Tuhan Yesus juga mengajarkan kita dalam doa Bapa Kami supaya kehendak Tuhan yang jadi (Matius 6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.)

7.  Mintalah dalam nama Yesus
Sebelum kita mengakhiri doa kita, hendaklah kita memintanya dalam nama Yesus. Karena Tuhan Yesus berkata dalam Yohanes 14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
Jadi, katakan dalam doamu seperti ini: Dalam nama Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Juruselamat saya yang hidup, aku sudah berdoa dan mengucap syukur.

Demikianlah pembahasan tentang doa yang berkenan di hadapan Tuhan Yesus. Kiranya Tuhan Yesus yang memberikan hikmatnya kepada kita untuk dapat lebih mengerti lagi akan kehendaknya.

Haleluya ...............

Penulis: Lisfer Wandi Simangunsong (Ketua PMGPM Medan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar